Friday, April 9, 2010

Aceh Gempa, Warga Padang Panik ‎

Gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) yang menggucang Provinsi Aceh, subuh tadi, terasa juga di Padang, Sumatera Barat. Meski getarannya tak sekuat di Aceh, namun warga Padang sempat panik.

"Gempa Aceh cukup lama, terasa ada sekitar lima menit, seperti dibuai-buai tapi tidak terlalu kuat. Kami dan warga hanya bertahan di rumah, jika kuat mungkin kami akan berlarian ke luar rumah," kata Abdul (40), warga Bandar Purus, Kecamatan Padang Barat, Padang, kepada okezone, Rabu (7/4/2010).

Meski tak terasa kuat, namun warga tetap waspada. Menurut Abdul, kekhawatiran itu muncul lantaran patahan lempengan di Aceh dengan di Sumatera Barat merupakan suatu rangkaian yang sama. Selain itu, gempa di Aceh akan mempengaruhi posisi patahan di Sumbar, terutama di Mentawai.

"Gempa yang terjadi di Aceh tidak membuat kami cemas, yang kami kawatirkan adalah gempa itu menjalar ke sini, karena patahan yang ada di Aceh dengan Padang itu satu rangkaian," ungkapnya.

Apalagi dalam pekan ini, sudah beberapa kali gempa terjadi di Mentawai.

"Jangan-jangan ramalan para ahli itu bisa benar, coba kalau kita lihat dalam seminggu ini sudah beberapa kali gempa bahkan sudah menjalar ke darat di patahan semangka Sumatera, mudah-mudahan tidak terjadilah," tandasnya.

No comments:

Post a Comment